Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keutamaan Keutamaan Shalat Sunnah

Senin, 14 Oktober 2019 | 23.24 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-12T08:27:53Z
Keutamaan- Keutamaan Shalat Sunnah.۔Shalat sunnah memiliki pengaruh dalam kehidupan didunia dan akherat.
Shalat sunnah merupakan Shalat yang dikerjakan dan menjadi kebiasaan Beliau Nabi Muhammad SAW.
Ternyata Apa Apa yang Nabi kerjakan memiliki berbagai macam keutamaan atau fadilah .
sehingga kita sebagai Umat Nabi Muhammad SAW sangat di Anjurkan Untuk memperbanyak /meningkatkan Amalan Sunnah.

selain memiliki keutamaan sebagai upaya Taqorub ilallah Ternyata Shalat sunah
Memiliki Begitu Banyak keutamaan.
Berikut Beberapa keutamaan Shalat Sunnah.
Keutamaan Shalat Sunnah Diantaranya:
1. Keutamaan shalat sunnah Shalat Sunnah adalah penyempurna shalat wajib dan menambal kekurangannya.
Sempurnanya shalat 5waktu kita bisa kita raih dengan melanggenkan shalat sunnah.
Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda,
ﺃَﻭَّﻝُ ﻣَﺎ ﻳُﺤَﺎﺳَﺐُ ﺑِﻪِ ﺍﻟﻌَﺒﺪُ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺻﻼَﺗﻪ ﻓَﺈِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﺗَﻤَّﻬَﺎ ﻛُﺘِﺒَﺖْ ﻟَﻪُ ﺗَﺎﻣَّﺔً ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳﻜﻦ ﺃَﺗَﻤَّﻬَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻠﻪ - ﻋﺰ ﻭ ﺟﻞ - ﻟِﻤَﻼﺋِﻜَﺘِﻪِ : ﺍﻧْﻈُﺮُﻭﺍ ﻫَﻞْ ﺗَﺠِﺪُﻭﻥَ ﻟِﻌَﺒْﺪِﻯ ﻣِﻦْ
ﺗَﻄَﻮُّﻉٍ ﻓَﺘُﻜْﻤِﻠُﻮﻥَ ﺑِﻬَﺎ ﻓَﺮِﻳﻀَﺘَﻪُ ﺛُﻢَّ ﺍﻟﺰَﻛَﺎﺓ ﻛﺬﻟﻚ ﺛُﻢَ ﺗُﺆْﺧَﺬُ ﺍﻷَﻋْﻤَﺎﻝُ ﻋَﻠَﻰ ﺣَﺴَﺐِ ﺫَﻟِﻚَ
“Amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna.
Namun, jika shalatnya tidak sempurna Allah Ta’ala berkata pada malaikat-Nya, “Lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunah, maka sempurnakanlah shalat wajibnya? Kemudian zakat pun demikian. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud,dan Ibnu Majah, dan Ahmad, Dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahihul Jami’)
baca juga:Definisi syirik
2. Keutamaan Shalat Sunnah, Shalat Sunnah mengangkat derajat dan menghapus dosa.
Shalat sunnah dapat menjadikan seseorang yang rajin menjalankanya memperoleh derajat yang mulia dihadapan Allah SWT, serta dihapusnya setiap dosa.
ٌRasulullah shalallahualaihiwasalam bersabda:
ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﺑِﻜَﺜْﺮَﺓِ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮﺩِ ﻓَﺈِﻧَّﻚَ ﻻَ ﺗَﺴْﺠُﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺳَﺠْﺪَﺓً ﺇِﻻَّ ﺭَﻓَﻌَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻬَﺎ ﺩَﺭَﺟَﺔً ﻭَﺣَﻂَّ ﻋَﻨْﻚَ ﺑِﻬَﺎ ﺧَﻄِﻴﺌَﺔً
Artinya:
“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat). Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu .” (HR. Muslim)
3. Keutamaan Shalat Sunnah, shalat sunnah merupakan sebab terbesar masuk Surga dan menjadi pendamping Nabi di Surga.
Siapa Orangnya yang tidak mengharapkan masuk syurga,tentunya setiap orang mengharapkanya,maka ari itu shalat sunnahlah yang bisa mnyebabkan kita masuk syurga.
Dari Rabi’ah bin Ka’ab al-Aslami
radhiyallahu’anhu , beliau berkata,
ﻛُﻨْﺖُ ﺃَﺑِﻴﺖُ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻓَﺄَﺗَﻴْﺘُﻪُ ﺑِﻮَﺿُﻮﺋِﻪِ ﻭَﺣَﺎﺟَﺘِﻪِ ، ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟِﻲ : ﺳَﻞْ، ﻓَﻘُﻠْﺖُ : ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﻣُﺮَﺍﻓَﻘَﺘَﻚَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮَ ﺫَﻟِﻚَ ، ﻗُﻠْﺖُ : ﻫُﻮَ ﺫَﺍﻙَ، ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﺄَﻋِﻨِّﻲ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻚَ ﺑِﻜَﺜْﺮَﺓِ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮﺩِ
Aku pernah bermalam bersama Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu aku menyiapkan air wudhu` dan keperluan beliau. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku, ‘Mintalah sesuatu!’ Maka sayapun menjawab, ‘Aku meminta kepadamu agar memberi petunjuk kepadaku tentang sebab-sebab agar aku bisa menemanimu di Surga’. Beliau menjawab, ‘Ada lagi selain itu?’. ‘Itu saja cukup ya Rasulullah’, jawabku. Maka Rasulullah bersabda, ‘Jika demikian, bantulah aku atas dirimu (untuk mewujudkan permintaanmu) dengan memperbanyak sujud (dalam shalat) ‘” (HR. Muslim).
4. Keutamaan Shalat sunnah,shalat sunnah adalah amalan badan yang paling utama setelah jihad.
Bahwa tida ada amalan badan yang yang lebih utama selain berjihad, namun menjalankan kesunnahan (Shalat sunnah) disejajarkan dengan berjihad.
Dalam hadits Tsauban Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengabarkan:
ﺍﺳﺘَﻘِﻴﻤُﻮﺍ ﻭﻟﻦْ ﺗُﺤْﺼُﻮﺍ، ﻭﺍﻋْﻠَﻤُﻮﺍ ﺃﻥَّ ﺧَﻴْﺮَ ﺃﻋْﻤَﺎﻟِﻜُﻢ ﺍﻟﺼَّﻼﺓ ﻭﻻ ﻳﺤﺎﻓﻆ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺇﻻ ﻣﺆﻣﻦ

Artinya:
“Istiqomahlah dan kalian tidaklah akan mampu (untuk istiqomah dalam semua ketaatan dengan sebenar-benar istiqomah), dan ketahuilah bahwa sebaik-baik amal kalian adalah shalat dan tidak menjaga wudhu kecuali seorang mukmin.” (HR. Ibnu Majah dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Irwa’ al-Ghalil)
5.Keutamaan  Shalat Sunnah, Shalat Sunnah di rumah akan menghasilkan keberkahan.
Rumah kita adalah surga kita, kata kata mutiara tersebut bisa tercapai apabila kita istiqomah mnjalankan shalat sunah dirumah.
Dari Jabir radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
ﺇِﺫَﺍ ﻗَﻀَﻰ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢُ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ ﻓِـﻲ ﻣَﺴْﺠِﺪِﻩِ ﻓَﻠْﻴَﺠْﻌَﻞْ ﻟِﺒَﻴْﺘِﻪِ ﻧَﺼِﻴْﺒﺎً ﻣِﻦْ ﺻَﻼَﺗِﻪِ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﺟَﺎﻋِﻞٌ ﻓِﻲ ﺑَﻴْﺘِﻪِ ﻣِﻦْ ﺻَﻼَﺗِﻪِ ﺧَﻴْﺮًﺍ
“Jika salah seorang di antara kalian telah menunaikan shalat di masjidnya, maka hendaklah ia memberi jatah shalat bagi rumahnya. Karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan dalam rumahnya melalui shalatnya.” (HR. Muslim)
Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu dan beliau memarfu’kannya:
ﻓَﺼَﻠُّﻮﺍ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﻓِﻰ ﺑُﻴُﻮﺗِﻜُﻢْ ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺃَﻓْﻀَﻞَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﺻَﻼَﺓُ ﺍﻟْﻤَﺮْﺀِ ﻓِﻰ ﺑَﻴْﺘِﻪِ ﺇِﻻَّ ﺍﻟْﻤَﻜْﺘُﻮﺑَﺔَ
“ Hendaklah kalian manusia melaksanakan shalat (sunnah) di rumah kalian karena sebaik-baik shalat adalah shalat seseorang di rumahnya kecuali shalat wajib. ” (Muttafaq Alaihi)
Dalam riwayat Muslim:
ﻓَﻌَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺎﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻓِﻲ ﺑُﻴُﻮْﺗِﻜُﻢْ ﻓَﺈِﻥَّ ﺧَﻴْﺮَ ﺻَﻼَﺓِ ﺍﻟْﻤَﺮْﺀِ ﻓِﻲ ﺑَﻴْﺘِﻪِ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﺍﻟْﻤَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔِ .
“Kerjakanlah shalat (sunnah) di rumah kalian. Karena sebaik-baik shalat seseorang adalah yang dikerjakan di rumahnya kecuali shalat wajib.” (HR. Muslim)
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ﺍﺟْﻌَﻠُﻮﺍ ِﻓﻲ ﺑُﻴُﻮﺗِِﻜُﻢ ِﻣﻦ ﺻَﻼَﺗِﻜُﻢ، َﻭﻻَ ﺗَﺘَّﺨِﺬُﻭﻫَﺎ ﻗُﺒُﻮﺭًﺍ
“Jadikanlah rumah kalian sebagai tempat shalat kalian, jangan jadikan ia sebagai kuburan ” (Muttafaq Alaihi)
Imam an-Nawawi Rahimahullah berkata, “Dan sesungguhnya anjuran melakukan shalat Sunnah di rumah, karena dia lebih tersembunyi dan lebih menjauhkan dari riya, lebih terjaga dari kesia-siaan. Dan carilah keberkahan rumah dengan hal itu, dan sebab turun kasih sayang serta malaikat dan membuat lari setan.” (lihat Syarh an-Nawawi ala Shahih Muslim)
6. Keutamaan Shalat Sunnah ,Shalat sunnah akan menghadirkan kecintaan Allah kepada hamba-Nya.
Mendapatkan cinta dari Allah SWT memang sesuatu yang luar biasa dengan amalan shalat sunah maka sudah pasti kita akan mendapat Cinta dari Allah SWT dan Mencintai setiap apa yang Allah perintahkan.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata; Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:
ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﺗَﻌَﺎﻟَـﻰ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﻦْ ﻋَﺎﺩَﻯ ﻟِـﻲْ ﻭَﻟِﻴًّﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺁﺫَﻧْﺘُﻪُ ﺑِﺎﻟْـﺤَﺮْﺏِ ، ﻭَﻣَﺎ ﺗَﻘَﺮَّﺏَ ﺇِﻟَـﻲَّ ﻋَﺒْﺪِﻱْ ﺑِﺸَﻲْﺀٍ ﺃَﺣَﺐَّ ﺇِﻟَـﻲَّ ﻣِﻤَّـﺎ ﺍﻓْﺘَﺮَﺿْﺘُﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ، ﻭَﻣَﺎ ﻳَﺰَﺍﻝُ ﻋَﺒْﺪِﻱْ ﻳَﺘَﻘَﺮَّﺏُ ﺇِﻟَـﻲَّ ﺑِﺎﻟﻨَّﻮَﺍﻓِﻞِ ﺣَﺘَّﻰ ﺃُﺣِﺒَّﻪُ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺃَﺣْﺒَﺒْﺘُﻪُ ﻛُﻨْﺖُ ﺳَﻤْﻌَﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻳَﺴْﻤَﻊُ ﺑِﻪِ ، ﻭَﺑَﺼَﺮَﻩُ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻳُﺒْﺼِﺮُ ﺑِﻪِ ، ﻭَﻳَﺪَﻩُ ﺍﻟَّﺘِﻲْ ﻳَﺒْﻄِﺶُ ﺑِﻬَﺎ ، ﻭَﺭِﺟْﻠَﻪُ ﺍﻟَّﺘِﻲْ ﻳَﻤْﺸِﻲْ ﺑِﻬَﺎ ، ﻭَﺇِﻥْ ﺳَﺄَﻟَﻨِﻲْ ﻟَﺄُﻋْﻄِﻴَﻨَّﻪُ ، ﻭَﻟَﺌِﻦِ ﺍﺳْﺘَﻌَﺎﺫَﻧِـﻲْ ﻟَﺄُﻋِﻴْﺬَﻧَّﻪُ
“Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla berfirman, “Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, Aku pasti memberinya. Dan jika ia meminta perlindungan kepadaku, Aku pasti melindunginya.’” (HR. al-Bukhari)
7. Keutamaan shalat sunnah, Shalat Sunnah merupakan bentuk dari rasa Syukur seorang hamba kepada Allah SWT.
Bersyukur bukanlah cuma masalah ucapan akan tetapi harus disertai perbuatan atau amalan,salah satu tindakan untuk menunjukan rasa syukur kita terhadap Allah adalah dengan shalat sunnah.
Diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, dia berkata, “Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat, beliau berdiri hingga kedua telapak kaki beliau merekah, lalu ‘Aisyah bertanya, ‘Kenapa engkau melakukan semua ini, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-dosa-mu yang telah lalu dan yang akan datang?’
Lalu beliau menjawab:
ﺃَﻓَﻼَ ﺃَﻛُﻮْﻥُ ﻋَﺒْﺪًﺍ ﺷَﻜُﻮْﺭًﺍ .
“Apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang bersyukur.’” (Muttafaq Alaihi)
Diriwayatkan dari al-Mughirah bin Syu’bah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat hingga kedua telapak kaki beliau membengkak, lalu ada yang berkata kepada beliau, “Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-mu yang telah lalu dan yang akan datang?” Beliau menjawab:
ﺃَﻓَﻼَ ﺃَﻛُﻮْﻥُ ﻋَﺒْﺪًﺍ ﺷَﻜُﻮْﺭًﺍ .
“Apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang bersyukur.” (Muttafaq Alaih).
Demikian Keutamaan keutamaan Shalat Sunnah yang perlu kita ktahui
Semoga menjadikan kita lebih termotivasi untuk memperbanyak amalan shalat-shalat Sunnah.
\
×
Berita Terbaru Update