Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Indeks Berita

Tag Terpopuler

7 Keutamaan Doa dan 4 Janji Allah SWT bagi Mereka yang rajin Berdoa.

Sabtu, 09 November 2019 | 06.04 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-12T08:27:54Z
7 Keutamaan Doa dan 4 Janji Allah SWT bagi Mereka yang rajin Berdoa.

Berdoa adalah Salah satu hal yang selayaknya dilaksanakan oleh setiap Manusia , terlebih bagi seorang Muslim karena bagi Seorang Muslim Berdoa adalah sebuah Ibadah .

  • Dan sebuah doa mempunyai kekuatan atau keutamaan tersendiri jika sering kita bacakan ,yang akan meberi pengaruh besar bagi kehidupan di dunia dan akherat.

Berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam keadaan apapun baik di kala sedih maupun senang, baik di kala sempit maupun lapang, karena berdoa Adalah sebuah perintah  Allah subhanahu wa ta’ala, dalam sebuah Ayat Allah SWT  memerintahkan kita untuk senantiasa berdoa kepada-Nya.
Firman Allah SWT:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِب
ْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk Neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir:60).
Di dalam Alquran  ayat yang lain Allah ta’ala juga berfirman:
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ.

Artinya:
“Dan apabila hamb-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS. al-Baqarah:186).
Bagi kaum Muslim Doa adalah yang utama
Seseorang  Muslim yang Rajin Berdoa akan ditinggikan derajatnya dimuliakan oleh allah SWT.
Ada begitu banyak  keutamaan dalam Doa.
Nabi SAW bersabda tentang keutamaan Doa yang tidak ada sesuatu yang mulia dibanding dengan doa .
Doa merupakan sesuatu yang mulia.
Sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam:

ﻟَﻴْﺲَ ﺷَﻲْﺀٌ ﺃَﻛْﺮَﻡَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀِ

Artiya:
“Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah dibandingkan doa.” (HR. at-Tirmidzi).

Berikut 7 Keutamaan Doa:
1. Doa merupakan bentuk penghambaan dan ketaatan kepada Allah Swt. dalam artian doa termasuk bagian dari ibadah. Rasulullah Saw :

ﺍَﻟﺪُّﻋَﺎﺀُ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﻌِﺒَﺎﺩَﺓُ

Berdoa adalah termasuk bagian dari ibadah (HR. Abu Daud).

2. Doa bisa menjadi perantara untuk menolak bencana sebelum ia turun atau menjadi sebab terangkatnya bencana tersebut apabila sudah turun.
ﻟَﺎ ﻳَﺮُﺩُّ ﺍْﻟﻘَﻀَﺎﺀَ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀُ
Tidak ada yang dapat menolak ketentuan Allah Swt. kecuali doa (HR. Tirmidzi).

3. Hasil dari berdoa sudah dijamin oleh Allah Swt. Dalam artian tidak ada doa yang sia-sia.
Bisa saja doanya cepat terkabul sebagaimana yang diminta. Bisa juga ia menjadi simpanan kelak di akhirat.
Atau bisa saja doa tersebut menajdi penolak keburukan yang akan menimpanya. Rasulullah SAW bersabada:

ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻳَﺪْﻋُﻮْ ﺑِﺪَﻋْﻮَﺓٍ ﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﺍِﺛْﻢٌ ﻭَﻟَﺎ ﻗَﻄِﻴْﻌَﺔُ ﺭَﺣِﻢٍ ﺍِﻟَّﺎ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺑِﻬَﺎ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﺛَﻠَﺎﺙٍ ﺍِﻣَّﺎ ﺃَﻥْ ﺗُﻌْﺠَﻞَ ﻟَﻪُ ﺩَﻋْﻮَﺗُﻪُ ﻭَﺍِﻣَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳُﺪَﺧِّﺮَﻫَﺎ ﻟَﻪُ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ ﻭَﺍِﻣَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﺼْﺮِﻑَ ﻋَﻨْﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴُّﻮْﺀِ ﻣِﺜْﻠَﻬَﺎ

Artinya:
Tidaklah seorang muslim yang memanjatkan doa kepada Allah Swt. selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturrahim, kecuali Allah Swt. akan memberikannya tiga hal; (1) Doanya cepat dikabulkan, (2) Allah Akan menjidakan doanya sebagai simpanan di hari kiamat kelak, (3) Allah SWT akan menjauhkannya dari keburukan yang sepadan. (HR. Ahmad).

4. Doa menjadi sebab untuk kuat dan Tegar serta mendapatkan pertolongan dari Allah SWT  dari Musuh atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

5. Doa menjadi tanda atau dalil dari keimanan seseorang yang berdoa.

6. Doa seebbagai tanda kepasrahan dalam diri.
Dalam artian orang yang berdoa berarti tawakkal kepada Allah SWT.
yaitu Seseorang tersebut telah memasrahkan semua urusannya kepada Allah SWT. Entah bagaimana dan apapun juga akan menerima dengan ikhlas.

7. Dengan berdoa Seseorang akan terhindar dari murka Allah SWT.
Yaitu orang yang berdoa kepada Allah SWT mengakui bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan sedikitpun dalam hidup didunia hingga akherat.
Hidupnya hanya tergantung bagaimana takdir dari Allah SWT. dengan berdoa seseorang berarti menyadari keterbatasan yang ada dalam dirinya. Rasulullah SAW bersabda:

ﺇِﻧَّﻪُ ﻣَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﺴْﺄَﻝِ ﺍﻟﻠﻪَ ﻳَﻐْﻀَﺐُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ

Artinya:
Sesungguhnya barang siapa yang tidak berdoa (meminta) kepada Allah, maka ia akan mendapatkan murka-Nya. (HR. Tirmidzi).
Maka Berdoalah karena berapa pun yang kita panjatkan kepada Allah, tidak akan mengurangi kekuasannya.
Dalam sebuah  hadits Qudsy dijelaskan:

ﻳَﺎ ﻋِﺒَﺎﺩِﻱ ﻟَﻮْ ﺃَﻥّ ﺃَﻭّﻟَﻜُﻢْ ﻭَﺁﺧِﺮَﻛُﻢْ . ﻭَﺇِﻧْﺴَﻜُﻢْ ﻭَﺟِﻨّﻜُﻢْ ﻗَﺎﻣُﻮﺍ ﻓِﻲ ﺻَﻌِﻴﺪٍ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﻓَﺴَﺄَﻟُﻮﻧِﻲ ﻓَﺄَﻋْﻄَﻴْﺖُ ﻛُﻞّ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٍ ﻣَﺴْﺄَﻟَﺘَﻪُ ﻣَﺎ ﻧَﻘَﺺَ ﺫَﻟِﻚَ ﻣِﻤّﺎ ﻋِﻨْﺪِﻱ ﺇِﻻّ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺍﻟْﻤِﺨْﻴَﻂُ ﺇِﺫَﺍ ﺃُﺩْﺧِﻞَ ﺍﻟْﺒَﺤْﺮَ .

Artinya:
"Wahai para hamba-Ku, andaikata generasi terdahulu dan akhir dari kalian, golongan manusia dan jin kalian berada di satu tempat, lalu meminta kepada-Ku, lantas Aku kabulkan permintaan masing-masing mereka, maka hal itu tidaklah mengurangi apa yang ada di sisi-Ku kecuali sebagaimana jarum bila dimasukkan ke dalam lautan." (HR.Muslim).
Tidak akan Merugi Seseorang yang rajin berdoa.
Setiap waktu yang diluangkan untuk berdoa , meminta, memohon dan mengharap sesuatu kepada Allah subhanahu wa ta’ala, sungguh waktu yang kita pergunakan untuk berdoa tidak akan pernah sia sia karenanya.
baca juga: 11 Tata Cara ,Adab dalam Berdoa Agar segera dikabulkan
Karena ketika kita berdoa kepada Allah SWT, Allah Menjanjikan akan memberikan salah satu dari Empat hal.

4(Empat )Hal yang Allah SWT Janjikan untuk Hambanya yang rajin berdoa adalah sebagai berikut:

* Allah akan mengabulkan doa kita dengan segera.

* Allah akan mengabulkan doa untuk kita di akhirat kelak.

* Allah akan meninggikan derajat seeorang yang rajin berdoa.

* Allah akan palingkan kita dari keburukan yang semisalnya.

Hal tersebut diatas sesuai dengan Sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam:

ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻳَﺪْﻋُﻮ ﺑِﺪَﻋْﻮَﺓٍ ﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺇِﺛْﻢٌ ﻭَﻻَ ﻗَﻄِﻴﻌَﺔُ ﺭَﺣِﻢٍ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺑِﻬَﺎ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﺛَﻼَﺙٍ : ﺇِﻣَّﺎ ﺃَﻥْ ﺗُﻌَﺠَّﻞَ ﻟَﻪُ ﺩَﻋْﻮَﺗُﻪُ ﻭَﺇِﻣَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﺪَّﺧِﺮَﻫَﺎ ﻟَﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻵﺧِﺮَﺓِ ﻭَﺇِﻣَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﺼْﺮِﻑَ ﻋَﻨْﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴُّﻮﺀِ ﻣِﺜْﻠَﻬَﺎ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺇِﺫًﺍ ﻧُﻜْﺜِﺮُ ﻗَﺎﻝَ : ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﻛْﺜَﺮُ

Artinya:
"Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak terkandung di dalamnya dosa dan pemutusan silaturahmi, kecuali Allah akan memberikannya salah satu dari keempat hal berikut: Allah akan mengabulkannya dengan segera, mengakhirkan untuknya di akhirat atau memalingkannya dari keburukan yang semisalnya dan Allah akan meninggikan derajatnya .
Para sahabat berkata, "Kalau begitu kami akan memperbanyak doa kami" Beliau berkata, " Allah lebih banyak lagi " (HR. Ahmad).
Namun pada kenyataanya di zaman sekarang banyak diantara kita yang lalai akan berdoa, tidak jarang kita mau berdoa hanya ketika dalam keadaan sempit , kita lalai Berdoa Ketika Lapang ,
Kebanyakan dari kita, akan rajin berdoa ketika sedang sakit, ditimpa musibah atau ketika memiliki berbagai masalah yang memberatkan hidup.
Dan setelah  kita diberi kesembuhan atau musibah dan permasalahan yang menimpa kita sudah Allah angkat dari diri kita, kita lalai, dan tidak lagi berdoa kepadanya.
Kita tidak lagi menunjukkan penghambaan diri kita kepada-Nya.
na'udzubillahi mindzalik.
padahal kita juga telah tahu jika Berdoa juga salah satu dari wujud syukur dan penghambaan kita kepada Allah SWT.
Dan Berdoa ketika lapang adalah salah satu kunci dikabulkannya doa yang kita panjatkan ketika kita dalam keadaan susah .
Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda;

ﻣَﻦْ ﺳَﺮَّﻩُ ﺃَﻥْ ﻳَﺴْﺘَﺠِﻴﺐَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟَﻪُ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﺸَّﺪَﺍﺋِﺪِ ﻭَﺍﻟﻜَﺮْﺏِ ﻓَﻠْﻴُﻜْﺜِﺮِ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﺧَﺎﺀِ

Artinya:
"Barangsiapa menghendaki doanya dikabulkan oleh Allah saat susah dan ditimpa musibah; hendaklah ia memperbanyak doa ketika sedang lapang. " (HR. AT-Tirmidzi).
Baca:9 Amalan khusus serta Doa di Hari Jumat yang jarang orang tahu
Demikian sebuah Artikel dari kami tentang 7 Keutamaan Doa dan 4 janji Allah SWT bagi Mereka yang Rajin berdoa , semoga menambah kekuatan kita untuk selalu menghamba kepada Allah SWT.
Dan semoga Menjadikan Manfaat dan sadaqah Ilmu.Amiin ya robbal 'aalamiin.
\
×
Berita Terbaru Update