Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Keutamaan membaca Surat Al-Mulk yang Begitu Luar Biasa

Senin, 17 Februari 2020 | 00.37 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-12T08:27:57Z
5 Keutamaan membaca Surat Al-Mulk yang Begitu Luar Biasa
Al-Quran adalah sumber dari segala bentuk kebaikan ,memahami makna yang terkandung didalamnya dan mengaplikasikanya didalam kehidupan sehari - hari dapat menyelamatkan dari segala runyamnya Kehidup bahkan mampu menyelamatkan kita kelak di akhirat.
Banyak keutamaan-keutamaan yang bisa diperoleh dari membaca Al Qur’an dan mengamalkannya.
Baca :12 Keutamaan surat Al-Waqiah
Bagi Umat islam yang konsisten dan istiqomah dalam membaca dan mengamalkan Al Qur’an memiliki kemulian tersediri di hadapan Allah SWT bahkan Allah memberikan jaminan surga kepada mereka. Membaca Al Qur’an dapat menghindarkan seseorang dari hal-hal yang dapat menghapus amal dan dari dosa-dosa yang tidak terampuni serta menghilangkan penyebab hati gelisah .
Keajaiban Alqur’an di dunia nyata pun kini sudah banyak dikenal dan membuat umat islam semakin mengimaninya termasuk para mualaf.
Dari begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam Al-Quran , kali ini akan kami suguhkan sebuah Artikel yang membahas salah satu Surat dalam Al-Quran tentang keutamaan ,manfaat Surat Al-Mulk yang memiliki fadhilah luar biasa yaitu untuk mencegah siksa kubur dan mudahnya mendapatkan syafa’at setelah kematian.
Surat Al-Mulk merupakan surat ke-67 dalam Al-Quran ,surat al-mulk termasuk surat Makiyah.
Surat Al- Mulk terdiri dari 30 ayat
Surat Al-Mulk memiliki arti Kerajaan ini mengandung berbagai khasiat dan manfaat bagi Orang yang rajin membaca Surat Al- Mulk .
Berikut keutamaan surat Al-Mulk 
1. Membaca surat Al - Mulk dapat Memberi Syafa'at.
Surat AL-Mulk memiliki keutamaan dapat memberikan syafaat ,Sehingga barang siapa Rajin Membaca surat tersebut akan diampuni dosa - dosanya.
Berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda mengenai keutamaan surat Al-Mulk.

 ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺑَﺸَّﺎﺭٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑنُْ ﺟَﻌْﻔَﺮٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺷُﻌْﺒَﺔُ ﻋَﻦْ ﻗَﺘَﺎﺩَﺓَ ﻋَﻦْ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﺍﻟْﺠُﺸَﻤِﻰِّ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻰ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗَﺎﻝَ ﺇِﻥَّ ﺳُﻮﺭَﺓً ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﺛَﻼَﺛُﻮﻥَ ﺁﻳَﺔً ﺷَﻔَﻌَﺖْ ﻟِﺮَﺟُﻞٍ ﺣَﺘَّﻰ ﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻪُ ﻭَﻫِﻰَ ﺳُﻮﺭَﺓُ ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ

Artinya :
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Qotadah, dari 'Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Ada suatu surat dari al qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa'at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu 'Tabaarakalladzii biyadihil mulku (surat Al Mulk)
2. Sebagai penyelamat dari Siksa Kubur.
Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur atau pada setiap malam dapat menyelamatkan diri dari siksa kubur.

 ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﻋﺒﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﻭﻗﺎﻝ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺑﻮ ﺛﺎﺑﺖ ﺍﻟﻤﺪﻧﻲ ﻗﺎﻝ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺣﺎﺯﻡ ﻋﻦ ﺳﻬﻴﻞ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺻﺎﻟﺢ ﻋﻦ ﻋﺮﻓﺠﺔ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﺍﺣﺪ ﻋﻦ ﻋﺎﺻﻢ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﻨﺠﻮﺩ ﻋﻦ ﺯﺭ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻗﺎﻝ : ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﺍﻟﺬﻱ ﺑﻴﺪﻩ ﺍﻟﻤﻠﻚ  ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻨﻌﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ ﻋﺬﺍﺏ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻭﻛﻨﺎ ﻓﻲ ﻋﻬﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﻧﺴﻤﻴﻬﺎ ﺍﻟﻤﺎﻧﻌﺔ ﻭﺇﻧﻬﺎ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﺳﻮﺭﺓ ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺑﻬﺎ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻓﻘﺪ ﺃﻛﺜﺮ ﻭﺃﻃﺎﺏ

Artinya :
Telah menceritakan pada kami 'Ubaidullah bin 'Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin 'Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari 'Arfajah bin 'Abdul Wahid, dari 'Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari 'Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, "Barangsiapa membaca "Tabarokalladzi bi yadihil mulk" (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur.
Kami di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menamakan surat tersebut 'al Mani'ah' (penghalang dari siksa kubur).
Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah.
Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak berbuat kebaikan.(H.R An-Nasai)

3. Sebagai Pelebur dosa.
Membaca Surat Al-Mulk secara rutin akan di ampuni segala dosanya.

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗﺎﻝ : ﺳﻮﺭﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ، ﺛﻼﺛﻮﻥ ﺍﻳﺔ؛ ﺗَﺸْﻔَﻊُ ﻟﺼﺎﺣﺒﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﻳُﻐْﻔَﺮَ ﻟﻪ : ﺗﺒﺎﺭﻙ ﺍﻟﺬﻱ ﺑﻴﺪﻩ ﺍﻟﻤﻠﻚ .

Artinya :
Dari Abu Huroiroh, Nabi -shollallohu alaihi wasallam- bersabda :
“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﻗﺎﻝ، ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ : ﺳﻮﺭﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻣﺎ ﻫﻲ ﺇﻻ ﺛﻼﺛﻮﻥ ﺁﻳﺔ، ﺧﺎﺻﻤﺖ ﻋﻦ ﺻﺎﺣﺒﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﺃﺩﺧﻠﺘﻪ ﺍﻟﺠﻨﺔ، ﻭ ﻫﻲ ﺗﺒﺎﺭﻙ .

Artinya :
Anas bin Malik mengatakan, Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam bersabda:
“Ada surat dari Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ (yang rajin membaca surat al-mulk) sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thabarani)

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﺍﻟﺬﻱ ﺑﻴﺪﻩ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ، ﻣﻨﻌﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ ﻋﺬﺍﺏ ﺍﻟﻘﺒﺮ، ﻭﻛﻨﺎ ﻓﻲ ﻋﻬﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻧﺴﻤﻴﻬﺎ “ ﺍﻟﻤﺎﻧﻌﺔ ” ، ﻭﺇﻧﻬﺎ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﺳﻮﺭﺓ، ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺑﻬﺎ ﻓﻲ ﻟﻴﻠﺔ ﻓﻘﺪ ﺃﻛﺜﺮ ﻭﺃﻃﺎﺏ .

Artinya :
dari 'Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, "Barangsiapa membaca "Tabarokalladzi bi yadihil mulk" (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur.
Kami di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menamakan surat tersebut 'al Mani'ah' (penghalang dari siksa kubur).
Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah.
Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak berbuat kebaikan.(H.R An-Nasai)

4. Menjauhkan diri dari maksiat
Dalam surat Al Mulk disebutkan bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut Ini ;

إِنَّ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُم بِالْغَيْبِ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ٠
وَأَسِرُّوا قَوْلَكُمْ أَوِ اجْهَرُوا بِهِ إِنَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

Artinya :
Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya.
Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi - sembunyi.
Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah ( QS Al Mulk : 12 - 13 )
Pada intinya orang yang beriman itu taat pada Allah meskipun di kesunyian dan takut berbuat maksiyat kepada Allah. Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di
“Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.”

5. Menjadikan kita sebagai orang yang bertawakkal
Dalam surat Al Mulk pada ayat ke 15 Allah mengisyariatkan pada kita tentang perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki dengan cara yang halal meski apapun usaha kita ,seprti berdagang, bertani, dan lain sebagainya.
Tawakkal bukan berarti hanya berserah diri pada Allah namun Harus dsertai dengan bekerja dan berusaha .
Allah Ta’ala berfirman,

ﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺟَﻌَﻞَ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽَ ﺫَﻟُﻮﻟًﺎ ﻓَﺎﻣْﺸُﻮﺍ ﻓِﻲ ﻣَﻨَﺎﻛِﺒِﻬَﺎ ﻭَﻛُﻠُﻮﺍ ﻣِﻦْ ﺭِﺯْﻗِﻪِ

Artinya :
Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya.(QS. Al Mulk: 15).

Sebagaimana dijelaskan oleh Sahl At Tusturi, ”Barangsiapa mencela usaha (meninggalkan sebab) maka dia telah mencela sunnatullah (ketentuan yang Allah tetapkan). Barangsiapa mencela tawakkal (tidak mau bersandar pada Allah) maka dia telah meninggalkan keimanan.
Tawakal juga membuat kita kuat dan sabar dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh Allah SWT.
Dan perlu ditegaskan bahwa Keutamaan Surat Al mulk tersebut hanya  bisa diperoleh jika kita tekun dan rutin setiap hari terutama di waktu malam menjelang tidur ,Terlebih jika kita menghafalnya.
membaca Surat Almulk ini bisa dilakukan kapan saja, akan tetapi Rasulullah SAW. terbiasa membaca surat Al Mulk ketika  menjelang tidur malam.
Membaca Al Mulk dan berzikir mengingat akan kebesaran Allah sebelum tidur sangat dianjurkan karena dengan dzikrullah mampu memberikan ketenangan bathin.
Keutamaan Surat Al-Mulk ini bisa diperoleh jika seseorang rajin tidak hanya membacanya setiap malamnya tetapi juga mengamalkan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya, mengimani berbagai berita yang disampaikan di dalamnya ,serta menjalankan setiap Kewajiban kita sebagai seorang muslim.
Demikian 5 keutamaan yang bisa kita raih dengan membaca dan menghafalkan surat Al- Mulk ,semoga menjadikan kita sebagai Muslim yang selalu membenahi ketaqwaan dan keimanan kita terhadap Allah dan segala ketentuan۔Nya . Aamiin..
wallahu 'alam
\
×
Berita Terbaru Update